Vinil bahan penutup atap carport yang Berkualitas dan Terjangkau

Vinil sebagai material penutup atap carport, sejatinya adatah Polgvingl Chloride (PVC) yang merupakan salah satu jenis bahan penutup atap carport dengan karakter plastik yang fleksibeI dan tahan terhadap perubahan CUACA. sebagai materiaI yang berbahan baku plastik, viniI memiliki kelebihan lain dari plastik berupa mudah dibentuk. Kelebihan tersebut membuat produk atap carport yang terbuat dari viniI di pasaran memiliki beberapa pilihan bentuk. Bentuk-bentuk pilihan utama dari vinil antara Iain bergelombang dan datar (flat).

Terang dan Gelap

Produk vinil yang tersedia di pasaran terbagi menjadi dua jenis material, yakni transparan dan solid. MateriaI vinil transparan yang ada di pasaran memiliki kelebihan dapat ditembus sinar matahari sehingga tetap dapat menerangi ruangan. Penggunaan viniI transparan dapat ditempatkan di lokasi-lokasi luar ruang yang memberikan efek terang namun tetap terlindungi dari terpaan air atau material lainnya. Selain materiaI yang dapat ditembus oleh sinar, terdapat pula vinil dengan warna solid yang dapat menghalangi cahaya. SaLah satunya adalah produk viniI Econolite yang memiliki pilihan warna brick atau merah bata yang dapat menghatangi sinar matahari ke ruangan di bawahnya. Untuk melayani pilihan terang dan gelap yang dibutuhkan oleh konsumen, produsen viniI memproduksi material viniI untuk atap dengan beberapa warna yang dapat dipiLih. Warna-warna yang tersedia antara lain, blue skg, light green, clear transparent, blue dop, clear dop, dan brick.

Mudah Digunakan

Selain digunakan secara menyeluruh pada atap carport, penggunaan vinil juga bisa menjadi bahan pengganti yang melengkapi material lainnya. Bentuknya yang beragam, menjadi faktor yang mendukungnya dapat dipadukan dengan materiaI Lain. Salah satu contohnya adalah penggunaan jenis penutup atap carportyang bentuk bergelombang dapat ditambahkan dengan vinil tembus pandang yang bergelombang juga dikarenakan memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Ketebalan materiaL viniL yang tersedia di pasaran berkisar antara 0,75 mm dan 0,9 mm. Dengan ukuran tersebut tentu akan semakin memudahkannya untuk dikombinasikan dengan material lain sebagai pengganti. Selain itu viniI pun mudah dipotong sesuai ukuran yang dibutuhkan tanpa harus menggunakan alat potong khusus.

pemasangan harus tepat

Meskipun bahan plastik pada umumnya mudah untuk dipasang di setiap bentuk atap, namun pemasangannya tetap tidak boleh sembarangan. Salah memasang, bisa jadi bukannya carport teduh tapi justru terganggu bocor ataupun terpaan sinar langsung. Pemasangan yang tepat bertujuan untuk memudahkan dalam perawatan dan juga memperpanjang usia penggunaan sehingga tak mudah rusak. Berikut tahapannya.

– Pasangkan lembaran vinil dengan cara disekrup atau menggunakan baut ke rangka atap. Penggunaan sekrup atau baut ini bertujuan agar vinil tidak mudah rusak, pecah ataupun retak-retak.

– Berikan toleransi 1 mm-2 mm pada lubang sekrup atau baut untuk mengantisipasi muai susut dari sekrup dan baut saat musim hujan dan kemarau. Jika tak diberikan toleransi, material vinil akan terdesak dan mampu membuatnya retak dan kemudian pecah.

– Ketika material vinil yang dipasang tidak sepanjang rangka, maka pemasangan vinil harus dipasang secara over lapping. Berikan jarak sejauh 10 cm-15 cm atau 1-2 gelombang pada overlapping tersebut agar vinil dapat berfungsi dengan baik.

– Pasangkan atap yang tersusun dari vinil dengan kemiringan sebesar minimal 5 derajat dari sumbu horizontal. Hal ini untuk memudahkan air mengalir ke bawah dari atap saat hujan maupun saat dibersihkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *