Tips : furniture dan peralatan rumah tangga berbahan alam yang unik

Furniture rumah tangga minimalis seperti kursi, meja, lemari atau aksesori pelengkap dari interior seperti vas dan lampu banyak yang terbuat dari bahan alam, Bahan alam itu misalnya rotan, eceng g0nd0k, pelepah pisang dan pandan. Awalnya jenis furniture rumah tangga unik yang ba- nyak dijadikan industri rumah ini hanya berkisar untuk memenuhi kebutuhan rumah dengan bahan alam yang tersedia di sekitar kita.

Namun sekarang ini barang kerajinan itu sudah berubah menjadi salah satu elemen estetis dalam interior rumah. Untuk eksterior rumah atau bangunan pun sudah banyak yang menggunakan furnitur dari bahan alam seperti furnitur untuk teras. atau untuk swimming pool. Dengan pertimbangan bahwa bahan alam dasar tersebut mudah didapatkan. seperti rotan. dan eceng gondok. timbullah ide untuk memanfaatkan materi tersebut untuk mende-sain furnitur atau aksesori.

Artinya persediaan sumber bahan alam ini sangat mendukung untuk produksi furnitur atau aksesori ini. Dalam aplikasinya, bahan ini bisa berdiri sendri. kombinasi satu sama lain atau bahkan dikombinasikan dengan bahan lain seperti kayu atau besi, Misalnya kursi besi dipadu dengan anyaman eceng gondok, atau lemari kayu dipadu dengan anyarnan rotan,

furniture rumah tanggaBahan men-tah seperti rotan, eceng gondok, pelepah pisang atau pandan umumnya dianyam sehingga men-jadi sebuah bentuk unik dan memiliki nilai seni. Pengerjaannya pun tergolong tidak terlalu sulit karena banyak proses yang dilalui oleh se-tiap materi secara hand made (dengan tangan),

Rotan misalnya, dari bentuk awal yang ber- pelepah, berduri serta berbuku, bisa diben- tuk menjadi berbagai macam bentuk. Hal ini karena sifat dasar rotan yang sangat fleksibel, kenyal dan ulet. Adajuga proses pengelupas- an kulit pada rotan agar warna batangnya bisa menjadi lebih bersih. .

Kandungan air yang tinggi pada batang ro- tan juga mempengaruhi warna rotan, sehingga rotan harus melalui proses pemanasan. De- ngan berkurangnya kandungan air pada rotan. maka warna batang rotan pun akan semakin menjadi lebih mengkilap, Begitu pula dengan materi lainnya yang harus kandungan airnya diupayakan berkurang.

Ternyata pada aneka furnitur di finishing dengan coating, selain finishing, atau fancy color finishing. Proses ini dilakukan setelah membersihkannya dari debu, minyak atau kotoran dengan cara mengamplasnya. Coating adalah proses melapis dengan bahan tertentu, setelah bahan diamplas halus dan diberi sealer sesuai dengan materinya.

furniture rumah tangga minimalisClear coating akan membuat furnitur menjadi lebih berkesan ala- miah dengan warna yang materi lebih kentara. Stain adalah memberikan warna pada materi anyaman tersebut sesuai dengan keinginan seperti warna jati, mahogany, cokelat atau hitam.

Pada proses akhirnya, stain finishing ini pun harus melalui top coating finishing untuk menjaga warna supaya tidak cepat pudar. Untuk pewarnaan fancy,materi akan menjadi berwarna pastel, Tanpa serat atau motif materi dasar tidak tertutup. Dengan rasa seni yang tinggi, banyak yang bisa dihasilkan dari bahan alam ini.

Dengan demikian bisa diperoleh berbagai konsep ruangan baik untuk interior mau- pun untuk eksterior sesuai dengan yang diinginkan, Mulai dari desain klasik, eklektik sampai dengan desain modern minimalis, furnitur berbahan alam dapat diaplikasikan dalam sebuah ruangan, Dalam hal ini memang diperlukan daya kreativitas yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *