Teknik Pencahayaan Taman Minimalis Unik Dan Menarik

Dengan adanya pencahayaan taman minimalis kita bisa mengetahui bagaimana wujud visual suatu taman dan bagaimana kelengkapan taman tersebut dapat digunakan. Misalnya sala pada sebuah kolam ikan, dengan underwater lamp maka sudah dapat memberi gambaran yang jelas akan adanya gerakan air, sumber suara yang muncul karena gerakan air tersebut. Pemakaian uplight yang mengarah pada sudut yang menjadi focal point akan semakin menonjolkan karakternya.

Area area fungsiona seperti tangga. lobi. area di seputar parkir,jalur atau akses yang menghubungkan satu area dengan area lainnya, perlu diberi pencahayaan taman minimalis yang dapat memperjelas bentuk dan arah dengan menggunakan uplight yang lebih fungsional. Dengan demikian siapa pun yangakan melalui jalur tersebut tidak menjadi kehilangan arah dan akan melangkah dengan mantap menuju ke satu daerah yang ditujunya. pencahayaan taman minimalis juga bisa membentuk suasana khas pada ruang luar.

Bahkan dapat menonjolkan karakter suatu elemen taman dan mempertegas peranan elemen tersebulsebagai focal pointpada sebuah sudut. Pencahayaan pada taman yang menerangi sebuah patung akan lebih memberi kesan dramatis dan menimbulkan bayangan yang memberi refleksi ke arah bidang di belakangnya dengan ukuran yang lebih besar. Teknik memadu antara cahaya dan bayangan, merupakan sebuah karya seni tersendiri.

karakter unik yang dimiliki oleh soft material tanaman dapat ditonjolkan dengan permainan lampu. Misalnya pohon palem yang memiliki bentuk dan karakter batang yang unik diberi uplight yang biasnya vertikal tegak lurus ke atas, dari lampu yang ditanam di dalam lanah (burried lamp). Untuk komposisi tanaman yang lebih padat yang menonjolkan keberagaman karakter diberi uplightyang lebih lembut biasnya (softtone) yang diarahkan ke arah bidang dinding. Pemakaian downlight biasanya digunakan pada pergola yang lebih fungsional untuk mempertegas bidang pergola tersebut.

Konsep desain taman rumah tinggal, pencahayaan Sebuah rumah tinggal yang terletak di kawasan lakarta Selatan berarsitektur modern, menggunakan teknik pencahayaan taman yang pada prinsipnya melengkapi konsep desain Iansekapnya agar tampil menonjol, termasuk pada malam hari. Abdi Ahsan sang lighting consultant berkolaborasi dengan Fifi dan lmu sang desainer lansekap untuk bersamasama membuat konsep pada pencahayaan taman minimalis yang terletak di depan dan di bagian belakang dari rumah tinggal tersebut.  Untuk taman depan sesuai dengan karakter pemilik rumah yang tidak mau menonjolkan diri (low profile), sebagian besar menggunakan lampu yang tersembunyi. Pada bagian bagian fungsionalnya saja yang menggunakan Iampu yang fisiknya terlihat seperti pada bagian lobi pintu utama dan parkir area (dropp off).

Pada desain lampu taman minimalis di beberapa titik digunakan security lamp yang terus menerus nyala sepanjang malam. Lampu-lampu lainnya hanya dihidupkan hingga waktu tertentu setelah semua anggota keluarga masuk ke rumah. 0leh desainer lansekapnya, pada area taman ini yang ingin ditonjolkan adalah pohon palem yang memiliki karakter batang yang unik. 0leh lighting consulfant disikapi dengan menerapkan burried lamp tepat pada titik di sisi tanaman, sehingga karakter unik batangnya akan terlihat menonjol. Burried lamptersebut dilengkapi dengan sumber cahaya dari bola lampu yang sinarnya berwarna kuning, agar sesuai dengan warna coklat dari batang palem.

desain lampu taman sederhana ini menjadi konsep berbeda pada taman belakang, Taman belakang tidak secara spesifik menonjolkan salah satu elemen tamannya, tetapi lebih diarahkan untuk menampilkan kerimbunan dari deretan tanaman palem yang memperlunak dinding pagar masif yang tinggi dan berwarna hijau tua. Untuk itu digunakan uplight yang diarahkan ke komposisi dengan menggunakan sumber cahaya yang lebih ke arah warna putih kebiruan (moonlight) yang lebih lembut dan rata. Dengan warna ini, warna hijau dedaunan akan semakin menonjol. Pada sudutsudut kavling diletakkan lampu yang secara fungsional menunjang keamanan (security lamp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *