Taman Air Mancur Depan Rumah Dapat Mempercantik Hunian Anda

Pada desain taman minimalis ini oleh sang pemilik memang di beri aksen taman air mancur depan rumah untuk menyejukkan suasana pada suhu tropis seperti di Indonesia ini, tidak menutup kemungkinan juga bagi sang pemilik untuk terus merasakan gemiricik air yang jatuh di taman pada saat ngopi atau minum the bersama keluarga, sehingga kesan hangat semakin terasa di di area taman air mancur minimalis depan rumah ini.

Pada model taman air mancur depan rumah dibuat lebih alami dengan mengkombinasikan beragam tanaman yang kaya tekstur dan kaya warna. Sebaliknya pada sudut yang lain komposisi sedikit diatur polanya untuk menyesuaikan dengan bentuk pola bangunan. Alamanda kuning berbunga ganda dirambatkan pada sarana perambat berbentuk payung yang memberi “sentuhan” formal.

Sementara pandan Bali dengan percabangannya yang eksotik dan komposisi rendah tanaman semak di seputarnya menjadi latar belakang kolam pancuran sebagai penyeimbang pola formalnya. Daerah taman air mancur depan rumah dibuat lebih terbuka karena hanya ditutup dengan rumput gajah yang subur menghijau. Dengan demikian bentuk visual kolam akan tampil secara utuh.

Pada beberapa sudut, taman terasa teduh karena efek naungan dari palem raja yang ada di luar pagar. Di seputar daerah ini dipilih tanaman tanaman yang lebih cocok dengan suasana teduh, seperti sirih gading yang secara fungsional juga sebagai penutup permukaan tanah. Pola variegata daun sirih (hijau berbecak putih) memberi aksen warna pada sudut yang relatif gel?p. Pada area yang sangat teduh sehingga tidak memungkinkan ditanami dengan tanaman, permukaan tanah ditutup dengan batu kerikil abu supaya lebih fungsional.

Sebaliknya di tempat yang mendapat sinar matahari cukup ditempatkan tanaman hias bunga. Komposisi Melastama memberi daya tarik karena bunganya yang ungu” Mawar merah dan mawar pink dalam pot, diletakkan pada beberapa titik di sekitar kolam sehingga aroma bunga dan keindahannya men jadi daya pikat tersendiri. Pada waktu tertentu, ditempatkan tanaman bunga semusim pada bak-bak tanaman sepanjang koridor rumah, seperti petunia, geranium, pentas dan impatiens. Bunga bunga tersebut menjadi pilihan keluarga muda dengan satu putra ini. Komposisi seperti itu ditambah dengan gemericik suara air dari taman air mancur depan rumah menambah suasana romantis.

Tanaman mawar dikenal sebagai tanaman hias yang memiliki nilai hias pada bunganya. Mawar sebagai tanaman hias pengisi taman sering dimanfaatkan sebagai border (Ianaman pembatas) jika ditanam dalam susunan masal, atau sebagai tanaman hias pot yang ditempatkan pada sudut yang mendapat cahaya matahari. Bunga mawar juga memiliki potensi lain yang tak kalah pentingnya yaitu sebagai salah satu komoditi bunga potong yang potensial.

Ternyata mawar juga memiliki manfaat lain yang belum banyak digali, yaitu sebagai bahan baku untuk aroma terapi. BRA. Mooryati Soedibyo, pakar kosmetika tradisional lndonesia dalam sebuah seminar tentang bunga dalam kaitannya dengan kecantikan menyebutkan bahwa aroma terapi adalah seni perawatan diri yang menggunakan sari minyak murni (essentlal oil). Sari minyak murni tersebut diambil dari tumbuh-tumbuhan yang memiliki khasiat dan aroma yang sangat beragam. Terapi ini merupakan suatu upaya relaksasi yang akan mem beri dampak positif kepada tubuh seseorang, karena secara psikis sari minyak murni ini dapat memulihkan kesegaran dan memberi efek pengobatan pada beberapa penyakit tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *