Pesona Batik Pada Cendera Mata

Kain batik tidak saja di pakai untuk di jadikan bahan mode pakaian, tetapi kini fungsinya semakin beragam. Kain batik bisa untuk kelengkapan interior bisa juga sebagai barang cindera mata dalam bentuk yang khas. Batik memang memiliki pesona yang luar biasa. Kain Indonesia yang satu ini bahkan memiliki nilai magis, semakin tua umur kain batik tersebut maka semakin tinggi nilainya

Pemilihan motif dan warna batik harus selektif, karena keunikan utama dari wadah ini terletak pada motif batiknya. Menurut salah seorang pengrajin bernama desi, pemakaian batik untuk kerajinan sebetulnya karena ingin mewujudkan idenya. Menurutnya konsumen kita lebih tertarik pada produk-produk kriya dari luar negeri, ia ingin membuat suatu produk yang di senangi oleh konsumen local.

‘’Nah kita punya batik yang sudah dikenal sampai mancanegara mengapa tidak di manfaatkan,  jadi saya ambil batik untuk membuat produk tersbut’’ ujarnya

Produk tersebut menjadi unik, karena penggunaan materi penunjang yang murah, unik dan khas, seperti kertas daur ulang, kain blacu, satin atau sutra, disamping kain kain batik tua. Untuk mempercanttik penampilan biasanya ditambahkan pita atau mank-manik. Untuk batik sendiri di datangkan dari solo, Yogyakarta, atau semarang wadah yang tertera di halaman majalah ini memekai bahan baku yang mudah di peroleh. Ukurannya sangat beragam, tetapi bentuknya selalu berbentuk kotak. Finishingnya terbagi menjadi dua macam yaitu penyelesaian luar dan didalam selurunya memakai kain batik (full batik) dan kain batik hanya untuk bagian luarnya saja.

Kotak cinderamata yang multifungsi ini biasanya banyak diminati orang asing yaitu bermotif batik langka dengan warna yang sudah pudar. Hal ini berbeda dengan selera konsumen local yang umumnya menyukai warna yang cerah seperti motif batik pekalongan dan batik baru.

Inovasi seperti ini diharapkan menjadi alternative untuk memperkaya khasanah kriya Indonesia yang tetap memiliki chiri khas dan memiliki identitas etnis yang kuat. Benda yang sudah tua dan tidak bisa dipakai ternyata dapat tampil mempesona lewat sebuah kreatifitas dan mampu mendatangkan keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *