Membuat Penguat lantai carport mobil dari rumput

lngin lantai carport mobil beralaskan rumput? Kenapa tidak. Yang penting, beri perkuatan di bawah lapisan rumput. menemukan carport yang dilapisi dengan rumput memang sulit. Padahal, dibanding menggunakan poving block, melapisi lantai garasi mobil dengan rumput adalah cara yang paling ramah lingkungan. Air terserap banyak dan rumah tambah hijau. Tapi tanah berumput memiliki daya tahan terhadap beban yang kurang baik.

Jika diinjak, tanah berumput dapat melesek masuk ke dalam sehingga kurang nyaman dilalui. Saat dilaLui mobiL, tanah biasanya akan mengalami gesekan dengan ban mobiI sehingga tanah terangkat, bergeser dan lama-lama menjadi tidak rata dan bergelombang. Untuk membuat tanah menjadi lebih tahan terhadap beban, diperlukan penguat di bawah lapisan tanah. Dengan penguat ini, tanah menjadi lebih nyaman diinlak, tidak mudah bergeser, sehingga dapat dilalui orang dan kendaraan. Salah satu penguat lapisan tanah yang mulai masuk ke lndonesia adalah gross povers.

Lantai carport mobil Tahan Lumut

lantai carport mobilGrosspovers terbuat dari bahan ploypropyline (semacam plastik). Walaupun terbuat dari plastik yang ringan, menurut Syaiful M. Anwar, Bross povers mampu menahan beban cukup besar yakni sebesar 200 ton/m2 (sebelum diisi dengan lapisan tanah) dan 2000 ton/m2 (setelah diisi Iapisan tanah).

Dengan ketahanan sebesar itu, gross povers dapat dilewati mobiI kecil hingga truk berukuran sedang. Lebih dari cukup untuk sebuah tempat parkir, apalagi untuk carport. Karena terbuat dari bahan plastik, gross povers diklaim tahan terhadap asam, alkali, minyak, dan bitumen. Dia juga tahan terhadap lumut, ganggang, dan tanaman parasit lainnya.

Tersembunyi

Gross povers umumnya terdiri atas modul-modul. Merek Turf Pave, terdiri atas modul-moduI yang ukurannya 50 cm x 5O cm dengan tebal 4 cm. Bobotnya hanya 4,3 kg/m. Untuk menggabungkan satu moduI dengan moduI lain digunakan sistem snop on connection Tinggal klik, maka tersambunglah modul-modul tersebut. Tak perlu menggunakan perekat apapun. Berbeda dengan bahan perkerasan lain yang terlihat nyata, setelah terpasang gross povers ini akan tersembunyi rapi di bawah lapisan rumput.

Apalagi kalau rumput sudah tumbuh dengan lebat, gross povers pun tak akan tampak, bahkan mungkin tak ada yang sadar kalau ada sesuatu di bawah lapisan rumput. Yang terlihat dari atas hanyalah tanah berumput saja, sehingga tak merusak keindahan dan keasrian eksterior rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *