membuat atap carport murah Berkat Polikarbonat

Bahan semitransparan berwarna-warni ini sering jadi pilihan ketika membuat atap carport murah karena memiliki banYak kelebihan. polikarbonat yang juga dikenal dengan nama engineering Plastic adalah nama dari jenis Plastik polimer yang terbuat dari sintesa minyak bumi dan gas. Polikarbonat baru masuk ke lndonesia sekitar tahun 1980-an namun baru mengalami booming di akhir 90-an. Polikarbonat kerap digunakan sebagai penutup carport karena ia memiliki sifat transparan, sehingga carport tetap terang namun mobil di bawahnya tetap terlindung dari hujan dan panas. Kaca dan akrilik juga memiliki sifat transparan yang hampir sama, namun poLikarbonat memiliki kelebihan dibanding keduanya.

Kuat dan Tahan Panas

Polikarbonat tak mudah pecah, seperti halnya kaca. Selain itu, menurut Nursali Wijaya, polikarbonat 250 kali lebih kuat dibandingkan kaca, dan 20 kalilebih kuat dibandingkan akrilik. Itu sebabnya, bahan ini juga digunakan sebagai bahan jendela pesawat terbang, tameng polisi antihuru-hara, dan botol galon minuman. Polikarbonat juga memiliki daya tahan terhadap panas. la mampu bertahan pada suhu -20″ C-120″C. Bila materiaI ini terbakar, lelehannya tidak akan menYebar. Selain kuat dan tahan panas, atap garasi yang murah dari polikarbonat memilki bobot yang lebih ringan daripada kaca, bobotnya hanya 1,2kg/m Bahan ini juga lebih elastis dan bisa dibuat menjadi bentuk-bentuk lengkung. Namun polikarbonat juga punya kekurangan, yakni mudah sekali tergores.

Banyak Jenis

Di pasaran, terdapat berbagai tipe polikarbonat. Ada yang berongga (multiwolls), ada yang solid. Bentuknya juga bermacam- macam, ada yang lurus, ada yang bergelombang, ada pula yang dilengkapi dengan permukaan emboss. Ketebalannya juga bervariasi. Untuk polikarbonat yang berupa lembaran bergelombang, ketebalan materialnya hanya 0,8 mm. Sedangkan yang berbentuk lembaran datar, ketebalannya 1,2 mm-5 mm. Jenis yang berongga paling beragam, ketebalannya mulai 5 mm sampai 16 mm. Agar lebih mudah dipadankan dengan bangunan yang sudah ada, polikarbonat tersedia dalam berbagai warna, mulai dari yang bening, abu-abu, hijau, biru, merah muda, sampai warna keperakan dan keemasan. Bingung pilih yang mana? Sesuaikan saja dengan keperluan. Masing-masing jenis punya spesifikasi yang berbeda, dan tentunya harga yang berbeda juga. Ada polikarbonat yang dilapisi UV (sepertl Twin Lite atau Solartuff), ada yang tidak. Yang dilapisi UV tentunya lebih baik karena dapat mengurangi panas matahari, namun tentu saja harganya lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *