Memanfaatkan Lahan Sempit Untuk Pengembangan Yang Lebih Menguntungkan

Kelebihan luas tanah sekitar 48 m3 membuat Bapak Asarudin ingin memanfaatkan lahan sempit sebagai ruangan-ruangan baru seiring dengan bertambahnya kebutuhan keluarga akan ruang-ruang yang lebih banyak. Namun, pengembangannya akan dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama menambahkan ruang tidur anak, ruang tidur pembantu, dan kamar mandi di lantai satu selain memperluas ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Tahap kedua direncanakan akan dilakukan 5 tahun mendatang, yaitu menambahkan lagi dua ruang tidur, ruang keluarga, ruang kerja, kamar mandi, dan ruang-ruang servis.

PEMECAHAN

Untuk pengembangan secara ber- tahap seperti yang diinginkan Bapak Asarudin, diperlukan upaya untuk menyiasati pengembangannya agar lebih efisien. Apabila memang lima tahun mendatang Bapak Asarudin berencana meneruskan pengembangan untuk lantai dua, ada baiknya pada pengembangan pertama ini lantai 2 langsung dicor beton.

Mengingat biaya mengecor beton cukup mahal, pengerjaannya bisa dikhususkan pada ruang-ruang yang baru. Dengan demikian, pada saat mengerjakan pengembangan tahap kedua, pengecoran berikutnya tidak menjadi terlalu banyak lagi. Mengapa perlu disiasati seperti ini? Ketika Bapak Asarudin membuat atap baru untuk bangunan atau ruang tambahan pada pengembangan tahap pertama, saat mengerjakan tahap kedua, atap tersebut harus dibongkar, yang berarti membuang bahan bangunan.

Pada tahap pertama, ruang tamu dipindahkan ke sebelah kiri bangunan dan dapur ke sebelah kanan, menempati ruang kosong. Kemudian ruang tidur baru bisa diletakkan di belakang sehingga kamar mandi baru berada di antara dua ruang tidur. Sementara kamar tidur pembantu berada di belakang dapur. Sesuai keinginan Bapak Asarudin, taman belakang bisa sementara dimanfaatkan untuk tempat menjemur; sementara ruang untuk tangga berfungsi sebagai ruang cuci dan seterika.

Pada pengembangan tahap kedua dapat dibangun dua buah ruang tidur lagi berikut ruang terbuka untuk ruang keluarga dan ruang kerja. Ruang lainnya yang diperlukan adalah gudang. Tempat untuk mencuci dan menjemur bisa pindah ke atas dapur. Apabila dirasa kurang luas, dapat memanfaatkan balkon untuk tambahan ruang menjemur. Jika perlu, ruang menyetrika bisa juga pindah ke atas apabila ruang di bawah tangga’ akan difungsikan sebagai lemari penyimpanan. Arsitektur bangunan yang sesuai adalah modern dan simpel sehingga rumah yang mungil tidak terasa berat oleh ornamen dan detail yang tidak perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *