Memanfaatkan Desain Rumah Dengan Lantai Mezanin

Dirumah dengan lantai mezzanine tipe loft ini terdapat kamar tidur utama. bagian ruang didalamnya tidak disekat dan memiliki jendela lebar sehingga terasa lapang dan nyaman.

Konsep Desain Rumah Lantai Mezzanine

Istilah mezanin atau mezzanine berarti lantai tambahan yang berada di antara dua buah lantai utama bangunan. Luas lantai mezzanine rumah biasanya merupakan sebagian dari luas lantai dasar yang bagian tepi lantainya yang menjorok ke tengah diberi pagar transparan sehingga area ini menyerupai balkon di dalam ruang bila dilihat dari lantai bawah. Ruangan dl lantai mezanin ini dapat dicapai melalui tangga dalam. Dalam hal ini area tangganya bisa diekspos atau Justru ditutup dengan dinding. Pada desain apartemen tipe loft ini. lantai mezaninnya dimanfaatkan untuk kamar tidur. area untuk lemari pakaian dan meja rias yang seluruhnya menyatu tanpa sekat serta sebuah kamar mandi dalam yang ditempatkan di pojok ruangan. Bukaan di sebelah ranjang dirancang berupa jendela kaca dan lantai hingga plafon sedangkan dinding yang menyekat dengan area void dirancang separuh transparan sehingga pemilik bisa melihat aktivitas di lantai bawah.

Material dan Furnitur

Kamar tidur ini didominasi oleh warna abu-abu dan putih yang dipadukan dengan warna merah sehingga tampil berbeda dari gambaran kamar tidur biasa Komposisi warna ini didukung oleh aplikasi material yang mutakhir seperti struktur baja dan jendela baik tanpa kusen maupun dengan kusen aluminium. Furnitur juga dipilih yang simpel dan clean look sehingga menegaskan kesan modern dan canggih seperti ranjang yang seluruh bagian kepala dan kakinya dilapisi oleh fabric jenis korduroi warna merah cerah dan dihias den- gan runner yang dilapisi bulu-bulu. Interior kamar tidur ini juga menonjolkan padu padan tekstur yang kuat misalnya sofa berlengan berlapis fabric jenis korduroi disandingkan dengan meja nakas yang lacinya dilapisi oleh kulit sintetis.

Selain wallpaper dan kain tipis yang menyekat area tangga. panel dekoratif dinding yang berlapis veneer dan lantai parket Iaminat turut menambah ‘kehangatan’ kamar tidur ini. Untuk penyimpanan pakaian, terdapat lemari built in dengan pintu serong / sliding dari panel berlapis veneer. kerangka aluminium dan ambalan yang telah dirancang dalam satu sistem modular. Kerangka lemari pakaian ini terdiri dari kolom-kolom aluminium yang telah didesain sedemikian rupa sehingga memungkinkan untuk difungsikan sebagai lemari lengkap dengan sistem gantungan baju beserta ambalan, bahkan dapat juga digunakan untuk fungsi pajangan dengan sistem ambalan terbuka.

Kelebihan sistem ini adalah fleksibilitas yang tidak memer- lukan sistem bor. sehingga sewaktu-waktu pemiliknya dapat mengubah susunan lemari sesuai dengan kehendaknya. Meja riasnya justru didesain dengan panel multipleks yang diberi finishing melamic warna dark coffee brown sehingga tampil beda dari Iemari dan ambalan.

Aksesori dan Pencahayaan

Untuk menunjang aktivitas dan keceriaan di kamar tidur, aksesori dengan warna cerah menjadi pilihan seperti bantal hias. bunga, lilin aromatherapi. lampu meja. televisi bahkan koleksi buku untuk saat menjelang tidur. Agar suasana tambah nyaman. tiga buah ambalan built in dan panel dekoratif dinding disorot cahaya tidak langsung sedangkan sudut kamar dihias dengan lampu jenis dawnlight pada pla- fon dan lampu berdiri Arco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *