Inilah beberapa manfaat batok kelapa untuk kerajinan

Pohon kelapa merupakan pohon yang banyak terdapat di seluruh lndonesia. Pohon ini dapat tumbuh di tanah berpasir sepanjang pantai, di lembah dan daerah pegunungan di lndonesia. Dari akar sampai pucuk daunnya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bahkan batok kelapanya pun dapat dimanfaatkan orang untuk sesuatu karya yang fungsional, cantik dan bernilai ekonomi tinggi.

Sayatan segitiga bernuansa warna krem dan cokelat untuk menghias berbagai pernik, permukaan furnitur dan pelapis dinding. Berjenis tanaman kelapa yang tumbuh di lndonesia menghasilkan buah kelapa beraneka ukuran, demikian pula batoknya. Warna batoknya bermacam-macam, seperti warna hitam, cokelat, krem, putih dan beraneka warna di sekitar itu.

Keunikan berbagai warna alami dan kekerasan batok kelapa inilah yang mendorong para perajin untuk memanfaatkannya. Kalau di masa-masa yang lalu, manfaat batok kelapa hanya untuk pembuatan cangkir atau wadah makanan kecil, gayung dan pernik lainnya, kini manfaat batok kelapa ini menjadi bahan baku untuk pelapis furnitur dan pernik interior bergengsi. Batok kelapa jenis apa yang dapat dimanfaatkan ? Hampir semua jenis batok kelapa dapat dimanfaatkan.

Namun, yang terbaik dari batok kelapa tua yang sudah keras. Teknik pembuatan benda yang dilapisi batok kelapa untuk mendapatkan motif dan tekstur yang menarik kelihatannya sederhana saja, tetapi kenyataannya cukup rumit. Bergantung pada warna, motif dan tekstur yang dikehendaki ditentukan teknik irisan batok kelapa Yang paling mudah adalah mendapatkan irisan berbentuk segitiga karena bentuk kelapa yang bulat.

Manfaat batok kelapa tua ini memang menjadi pilihan terbaik bagi sang pengrajin, tetapi tidak memungkiri yang muda disisihkan, karena biasanya manfaat batok kelapa muda juga bisa di aplikasikan ke patung-patung kecil yang memiliki ukiran rumit. Namun mungkin didapatkan bentuk lain selain bentuk segitiga seperti bentuk segi empat, bentuk bulatan atau bentuk elips, walaupun lebih banyak bahan batok kelapa yang akan terbuang.

Untuk mendapatkan motif bergaris agak melengkung, didapat dari sayatan batok menurut ketebalannya. Kreativitas si perajin diperlukan untuk mendapatkan komposisi warna, motif dan tekstur. Selain itu yang menentukan kualitas benda berlapis batok kelapa ini adalah pemilihan materi, ketelatenan dan kerapian pengerjaannya. Dahulu mengerjakan kerajinan batok kelapa ini masih manual sifatnya, semuanya dikerjakan dengan tangan.

Untuk memperoleh kualitas yang baik dan pengerjaan yang cepat, kini telah digunakan mesin potong, mesin pres, mesin untuk menghaluskan serta bahan perekat bermutu tinggi, sehingga motif batok kelapa seolah-olah menyatu dengan bahan dasarnya yang terdiri dari kayu, kaca dan akrilik. Kini manfaat batok kelapa untuk kerajinan semakin tenar di kalangan masyarakat seni, di samping pembuatannya yang bisa beragam bahannya pun juga mudah di dapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *