Desain rumah tinggal dan tempat usaha – adaptasi rumah gadang rancangan bangunan dua fungsi yang penuh inspirasi

inspirasinya dari atap rumah Gadang,” kata Nasrudin menjelaskan bentuk atap pada rancangannya. la memodifikasi bentuk atap bagonjong rumah adat minang itu menjadi empat susun prisma. Atap yang unik itu menutup bangunan rumah tinggal dan butik yang menjadi tugas mata kuliah perancangan ll yang baru saja diselesaikan Nasrudin.

“Luas lahannya 345m2, luas bangunannya 365m2. Pemilik adalah pasangan suami istri dengan tiga anak. Nah, si istri ini tidak bekerja kantoran. Dia mengelola butik,” jelas Nasrudin mengenai konsep desain tugasnya. “Konsep dasar desain rumah tinggal dan usaha,” lanjut Nasrudin. Mahasiswa jurusan arsitektur Universitas Mercu Buana ini mewujudkan konsep tersebut lewat desain bangunan yang terbuka. Banyak bukaan untuk pengudaraan, plus dinding transparan untuk mengoptimalkan pencahayaan. “Jadi bisa meminimalkan penggunaan listrik.

desain rumah tinggal dan tempat usahaNggak perlu banyak AC dan lampu,” tambahnya. Ekspresi modern Atap bagonjong menjadi bagian dari karakter modern yang ingin diangkat Nasrudin. lnspirasi dari arsitektur tradisional, namun dengan ekspresi dan material yang modern. Berandai-andai rumah yang dirancangnya akan dibangun, ia akan menggunakan genteng berbentuk lembaran untuk atap itu. Nasrudin membagi bangunan menjadi dua zona utama: butik dan rumah tinggal.

Butik ditempatkan di bagian depan tapak. Menghadap ke jalan utama. Rumah tinggal di tempatkan di bagian belakang dengan akses dari jalan lingkungan. Beruntung tapak berhadapan dengan dua jalan, memungkinkan dua akses ke bangunan Salah satu keunikan desain ini adalah organisasi ruang di area rumah tinggal. Beberapa ruang pada area itu di ditempatkan Nasrudin tidak pada posisi / sejajar melainkan membentuk sudut 45′,

Jika Anda berada di ruangan itu, , akan terasa perubahan dimensi ruang. Perubahan dari lebar dan sempit rupanya menimbulkan sensasi bagi Nasrudin, ini akan mempertegas karakter dan batasan antara ruang satu dengan ruang lainnya Boleh dibilang, Nasrudin cukup nekat menggagas perubahan dimensi ruang. Pasalnya, bentuk seperti ltu memerlukan kejelian dan ketekunan dari tukang yang akan mengerjakannya. Tapi itulah, Nasrudin mahasiswa yang tak gentar menghadapi tantangan. Kalau ada cita cita, pasti ada jalan. Kalau belum ada jalan, Nasrudin akan merintis jalannya.-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *