Desain rumah paviliun minimalis pada rumah jineng

Tidur di kamar ini memberi sensasi yang berbeda. Pasalnya ruang tidur ini ditempatkan pada lantai atas dari bangunan jineng yaitu rumah lumbung khas Lombok yang disulap menjadi rumah dengan Desain rumah pavilion yang multifungsi.

Denah Rumah Paviliun dan Tata Letak Ruang

Bangunan Rumah dengan pavilion ini menempati tapak berukuran 4 m x 4 m di sudut sebuah taman di Jakarta Lantai bawah berupa amben dengan permukaan lantai diangkat sekitar 50 cm serta 4 bidang yang terbuka digunakan untuk duduk lesehan. Tangga menuju ke lantai atas berada di luar bangunan. menempati area seluas 9 m x 3 m dengan anak tangga selebar 1 meter. Lantai atas berupa ruang tertutup yang terdiri dari ruang tidur yang berada di bawah atap lengkung, dan kamar mandi kering.

Furnitur

Karena tidak bisa diberi beban yang berat, maka furnitur di ruang tidur ini dirancang simpel Kasur yang terbuat dan kapuk yang dibalut dengan kain belacu putih menjadi alas tidur yang fungsional. Kasur yang tebalnya hanya sekitar 10 cm ini cukup efektif menopang tubuh karena bantalannya cukup tebal yang terbuat dari bahan kapuk yang dipadatkan Ukuran kasur sekitar 2 m x 2 m cukup untuk tempat tidur satu keluarga dengan 2 anak yang menginjak remaja Pada saat ber- santai` ruang tidur `diubah’ penampilannya yaitu  dengan menambahkan sandaran berbentuk limas segitiga dari bahan senada yang diko binasikan dengan kain batik biru.

Elemen Bangunan

Semua komponen rumah jineng terbuat dari bahan kayu kelapa yang khusus di datangkan dan Sulawesi Utara yang kualitas kayunya terbaik. Kayu kelapa yang sudah dihaluskan permukaannya dipelitur berwarna transparan dan dirakit dengan menggunakan sistem knockdown. Atap rumah terbuat dari daun alang-alang yang telah dikeringkan dan dijalin menJadi bentangan-bentangan yang mem- bungkus struktur atap berbentuk lengkung dalam susunan yang rapat. Adapun permukaan lantai kamar mandi kering, terbuat dari baten cor untuk menghindari efek lembap di sekitarnya sedangkan dindingnya terbuat dari bata pada setengah bidang bawahnya serta kayu kelapa pada bagian atasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *