Desain Rumah Mediterania Modern 2 Lantai Solusi Untuk Lahan Sempit

Paduan barat  dan timur, Hunian yang terletak di sudut jalan ini memiliki pemandangan yang menarik ke arah lingkungannya. Dengan  lahan yang tidak terlalu luas, desain rumah mediterania modern 2 lantai ini membuat arsitek lebih jelih menerapkan rumah modern tanpa harus menghilangkan kesan tradisional nya.

Pertimbangan estetika rumah harus berkaitan dengan beberapa factor, antara lain keseimbangan, gradasi, ukuran, bentuk, warna, jenis bahan, pola, detail bahkan dengan pernak perniknya agar tercapai dengan keharmonisan. Untuk mengimbanginya dilakukan suatu paduan harmonis antara nuansa Timur dan Barat. Nuansa Barat diwakili gaya mediterania sedangkan nuansa Timur diwakili komponen bangunannya, terutama perangkat interior yang hampir seluruhnya berasal dari etnik Jawa-Cirebon

Nuansa Timur sudah terasa sejak saal Griya Asri memasuki pintu utama rumah yang terbuat dari gebyok ruja, yang berasal dari Lamongan dan sudah berumur ratusan tahun. Berat gebyok tersebut 2O0 kilogram, tanpa engsel. Pintu-pintu lainnya berasal dari Cirebon dan jendela berikut teralisnya berasal dari sisa pembongkaran sebuah rumah Belanda di Serpong. Elemen interiornya sengaja dibuatdengan nuansa etnik namun ditata dengan pola yang lugas sesuai dengan kebutuhan keluarga. Furnitur dikelompokkan mengikuti fungsinya sekaligus sebagai pembatas ruangan karena rumah ini meminimalkan dinding pemisah yang masif dan permanen. lnteraksi antaranggota keluarga dengan demikian menjadi lebih lancar dan kegiatan keluarga dipusatkan di ruang makan yang terletak di bawah (void).

Pesona lain dari desain rumah mediterania modern 2 lantai oleh pasangan keluarga berputra satu ini adalah kualitas estetiknya. Ke arah vertikal hunian ini menampilkan gradasi atap dengan perbedaan tinggi yang kontras antara satu sama lainnya. Ke arah horisontal ditampilkan permainan teralis melengkung di bagian luarjendela sehingga bidang permukaan luar bangunannya menjadi lebih dinamis. Selain itu pagar luar juga dibiarkan apa adanya sehingga membentuk suatu kesatuan yang berkesinambungan dari depan sampai ke dalam rumah.

Untuk desain rumah mediterania modern 2 lantai ini konsepnya memang rumit, mencampurkan konsep desain ala timur, di padukan dengan gaya modern membuat rumah menyatu dengan karakter sang pemilik.

“Hunian ini dibuat agar menimbulkan kesan sebuah bangunan Iama dengan menggunakan berbagai komponen yang memang berasal dari peninggalan bangunan masa silam supaya nuansanya tertangkap”, demikian penjelasan arsitek Shonny yang telah lama menekuni gaya mediterania ini mengakhiri perbincangan kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *