Desain Rumah Kayu Jati Minimalis 1 Lantai

lndonesia terkenal kaya akan berbagai jenis kayu yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti material bangunan, furnitur dan aksesori interior, Kenyataannya, kita sering terpaku pada pilihan jenis kayu yang ada di pasaran, padahal terdapat banyak jenis kayu lokal yang lebih eksotis motif seratnya tetapi kurang dikenal masyarakat dan jarang dipergunakan.

MENURUT A. RACHMAN dan Agnes Mulachela, pemilik sebuah galeri furnitur yang juga pakar lalam mengolah kayu, kita perlu mengetahui karakter setiap jenis kayu dan mengekspos keunikan motif serat, warna dan tekstur kayu untuk desain produk. Dalam berkarya, pengusaha yang tinggal di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini konsisten merancang desain rumah kayu furniture dan aksesori dengan bentuk geometris yang simpel (clean look), Ciri khas karya-karyanya antara lain ukuran furniture yang relatif lebih besar dari furnitur umumnya (bold look), metode pengerjaan yang tradisional dan finishing alami tanpa plitur. Rachman mencari kayu mentah ke berbagai daerah khususnya dari Sumatra, Kalimantan, Pulau Jawa dan Lombok, di samping memanfaatkan kayu-kayu bekas.

Dalam proses pengerjaan, kayu-kayu mentah ini diolah terlebih dahulu agar lahan rayap dan tidak cepat retak atau pecah. Pertama, permukaan kayu dioles campuran air dengan kapur barus, belerang dan mrnyak tanah kemudian kayu dilemur selama maksimal enam bulan di halaman bengkel kerjanya. Untuk mempercepat proses pengeringan, kayu dapat ditempatkan dalam sebuah ruang tertutup yang berfungsi seperti oven tradisional, Seianjutnya, kayu tersebut mulai dirancang dan dikelakan langsung dengan langan (handmade) sehingga hasilnya lebih sempurna dan lebih eksklusif. Salah satu pendekatan desain yang diterapkan oleh Rachman adalah merancang furnitur dengan kayu utuh (soild).

Desain rumah minimalis dari kayu jati adalah salah satu pilihan yang wajib di coba karena teksture kayu jati yang kuat dan tidak mudah digrogoti rayap ditambah serat pada kayu jati yang padat sering di buat para arsitek untuk bahan rumah.

Selain kayu jati Jenis kayu yang bisa di pakai adalah kayu suar atau biasa dikenal dengan kayu sereong, yang banyak tumbuh di Pulau Sumbawa. Batang pohon kayu suar yang memiliki diameter 1,5 – 2 m ini memiliki motif serat yang unik yaitu berupa noda berwarna putih yang menyerupai cacat kayu

Jenis kayu lainnya yang dipakai adalah kayu kalenggo atau disebut juga kayu rajamas yang diameter batang kayunya mencapai 3 m yang lebih ringan dari kayu’suar sehingga sering dipakai untuk membuat perahu. Pemilik rumah mengolah kayu-kayu tersebut menjadi daun meja solid setebal 8 – 10 cm dan panjang 4 m atau bisa juga untuk kursi tanpa sandaran (stool) sehingga furnitur terlihat lebih menonjol dan kokoh dengan serat yang indah.

Selain jenis kayu keras, Rachman juga menggunakan jenis kayu lunak dengan diameter lebih kecil yang dapat diolah menjadi elemen dekoratif interior yang unik untuk desain rumah kayu minimalis 1 lantai. Diantara jenis kayu lunak itu dipakai sejenis kayu pakis yang memiliki motif seperti tenunan atau batik. Saat berusia muda, batang kayu ini memiliki motif berukuran kecil dan berwarna terang sedangkan ketika berusia tua motifnya berukuran panjang dan berwarna lebih gelap. Untuk mengekspos keindahan motif ini, kulit kayu dibersihkan dari batang pohon lalu dikeringkan dan dipoles secara tradisional.

Dalam aplikasinya, batang pohon dapat dipasang berjejer sehingga membentuk semacam partisi transparan antar ruang atau bisa juga menjadi hiasan pada dinding. Selain itu, ada pula jenis kayu baling berwarna merah dan jenis kayu kunyitan berwarna kuning. Keunikan ienis kayu ini adalah bagian tengah batang pohonnya bolong oleh pengikisan alamiah dan terdapat lubang-lubang kecil pada permukaan kayu sehingga penampilan kayu ini menyerupai pipa berlubang.

Sebagai langkah awal, Rachman membersihkan permukaan kayu dan menghaluskan tepi lubang-lubang pada batang kayu. Permukaan kayu dipoles dan bagian bawah batang kayu dipasang lampu sorot sehingga tercipta efek permainan cahaya yang menarik dari produk alami tersebut. Selain itu kerapian dalam pengerjaan (craftmanshrp) selalu diperhatikan sehingga hasilnya sempurna dan memuaskan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *