Desain Rumah Kayu Dan Bata Tradisional Indonesia

Dari beton bertulang Kecintaan yang mendalam pada kampung halaman sering mend0r0ng kita untuk mewujudkan rumah bernuansa tradisional dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya untuk melepaskan kerinduan ini adalah dengan rnenciptakan kediaman yang menyerupai rumah adat di kota kelahiran. Hal inilah yang dilakukan oleh Jimmy Terisno, se0rang pengusaha yang membailgun rumah kayu Palembang sebagai hunian keluarganya.

Pria ketahiran 7 ulu kampung kapitan, palembang sumatra selatan ini, memang berbeda dari pengusaha lainnya. Meskipun ayah dari tiga orang putri ini telah menggeluti bidang perdagangan selama 15 tahun, ia memiliki dedikasi tinggi terhadap pelestarian budaya daerah asalnya. “lni adalah hasil didikan almarhum ayah saya, yang seorang purnawirawan ABRI”, tutur pria yang mempunyai hobi olah raga angkat besi. Dengan berbekal pendidikan formal dan minat di bidang konstruksi dan desain, ia ingin “memindahkan” rumah panggung kayu dari tempat kelahirannya di pinggir Sungai Musi, Palembang, ke salah satu kavling perumahan di ibukota.

Untuk mewujudkan impian tersebut,.Jimmy “berburu” lokasi hunian yang cocok, dan berhasil mendapatkan lahan seluas 900 m2 di pinggir sungai di kawasan pantai utara.Jakarta. “Sejak tahun 1993, saya sudah mulai mendesain lay out rumah ini,” ungkap pria yang memperdalam ilmu pemasaran dan bisnis internasional ini. Tukang kayu yang dipekerjakan juga ahli dalam bidangnya dan diawasi langsung setiap hari oleh Jimmy. Penampilan hunian ini dirancang seperti desain rumah kayu tradisional Indonesia namun struktur dan pengerjaan konstruksinya dikerjakan seperti sistem bangunan tinggi modern.

Mulai dua tahun lalu, Jimmy mendirikan struktur utama bangunan, yaitu fondasi, kolom dan balok dari cor beton bertiang juga kerangka atap berbentuk limas dari baja fabrikasi. Setelah selesai,ia membangun dinding pengisi dari bata dan disusul elemen bangunan lain, seperti kusen jendela serta pintu. Kemudian, seluruh permukaan dinding, kolom serta balok dilapisi dengan papan kayu jenis ulin, damar laut dan lingua. Kontruksi rumah semakin kuat dengan tambahan material bata, menambah sempurna desain rumah kayu dan bata ini

Untuk menegaskan kesan bangunan panggung, kaki bangunan diekspos berupa umpakan yang dilapisi batu alam. Bagian bangunan yang menunjukkan ciri khas bangunan tradisional Palembang adalah teras depan yang berukuran cukup besar dan biasanya terletak bersisian dengan sungai Saat bulan purnama dulu di kampung, maka di terapkan desain rumah kayu pada hunian sang pemilik, agar tetap terasa di kampung halaman

anggota keluarga berkumpul di teras rumah adat sambil memancing udang,” kenang Jimmy.   Ketika memasuki bagian dalam hunian, sebuah replika perahu kayu menyambut tamu. Perahu merupakan kendaraan air yang biasa hilir mudik di Sungai Musi. Elemen dekorasi yang terletak di ruang keluarga ini serasi dengan kain gorden berwarna putih tipis, yang biasa menghias jendela pada rumah tua. “Saya juga membuat pengunci jendela berupa slot kayu seperti yang sering ditemui di rumah tradisional,” kata Jimmy.

Keistimewaan lain desain rumah kayu minimalis 1 lantai ini terlihat dari ruang keluarga yang berukuran 10×10 meter ini adalah yoid setinggi 10 meter, dengan langitlangit yang mengikuti kemiringan atap, namun bebas dari kolom di tengah ruang. lvlodifikasi struktur rumah ini memberi keleluasaan pandangan dari lantai bawah ke arah atas. Perhitungan dan desain struktur bangunan, yang memiliki luas 600 m2 ini dikerjakan bersama Herlina Waty dan Adam Sulaiman.  Keterbatasan lahan menjadi salah satu pertimbangan dalam pembuatan struktur bangunan dan pembagian ruang hunian” Hal ini terlihat pada deretan kamar tidur yang terletak di lantai ata6 dan menghadap ke arah void. Contoh lain adalah rancangan dapur yang sesuai dengan standar peralatan restoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *