Desain Rumah Bernuansa Alam Dengan Dinding Batu dan Pencahayaan Alami

desain rumah alam yang diliput Griya Asri ini menyelaraskan hunian dengan kondisi lahan dan iklim tropis dengan menciptakan bentuk atap yang mend0minasi wujud hangunan sehingga menyerupai lanskap buatan. Tekstur, warna dan material lokal yang alami dikomp0sisikan secara kontras untuk memperkaya interior kediaman ini, yang setengah terbuka dan ditata secara organic.

Bangunan unik yang berlokasi dari Kerobokan, Bali ini merupakan tempat tinggal keluarga Panos Bournras dan Yunani, Pengusaha yang sehari -hari mengelola kafe ini juga seorang sinematografer di samping bergerak dalam bisnis desain dan konstruksi bekerja sama dengan Giovanni DAmbros o, seorang arstek asal ltala, Meskipun memiliki latar beakang budaya yang berbeda dari masyarakat setempat, dua sahabat ini berupaya menghargai dan menginterpretasikan budaya serta alam di Pulau Dewata ke dalam desan mereka tanpa meninggalkan ciri khas rancangan G ovannr.

Mereka sepakat memanfaatkan lahan dan memaksimalkan pengudaraan serta pencahayaan alam dalam setiap proyek, termasuk rancangan tempat tinggal keluarga Panos sendir, Karena lahannya berkontur menurunĀ  ke bagian samping dan belakang sedangkan tapaknya sendiri berupa bukit di salah satu sisi lahan maka bangunannya dirancang menyerupa bukit luga di sisi lahan yang berawanan, ditambah sebuah kolam renang sebagai representasi unsur air sekaligus transisi di tengah lahan, sehingga terciptalah lanskap buatan yang menyatu dengan alam.

Gubahan lanskap buatan tersebut mengarahkan udara segar dan uap air dari kolam renang ke dalam bangunan sehingga ruangan-ruangannya tidak perlu memakai pendingin udara, Untuk memanfaatkan proses alami tersebut atapnya dibentuk sebagai sebuah bidang miring yang besar dan hampir menyentuh tanah, terdiri dari dua lapis bidang untuk menghasilkan bantalan udara di antaranya. Atap yang dominan tersebut berpelapis alumunium dan ditopang kolom serta balok beton. Untuk melindungi sisi bangunan yang tidak tertutupi atap, dibuat susunan bilah-bilah kayu yang diselingi lubang-lubang udara agar sekaligus menjadi bidang penyekat di lantai atas.

Desain rumah bernuansa alam ini boleh dikatakan tidak memiliki fasada agar dapat menampilkan keutuhan yang organis antara bangunan dan lanskap sekitarnya. Hanya sebuah tangga terbuka yang menandai bagian muka hunian ini, sekaligus menjadl akses langsung ke ruang kerJa, Meskipun dengan material dan teknik pengerlaan lokal, Giovanni berhasil mengemasnya menjadi wujud baru yang kontemporer.

Agar tercipta kesinambungan antara bagian dalam dan bagian luar, seluruh pintu dan dinding penyekat d sisi luar dirancang dengan kaca bening serta kusen aluminium tahan karat sedangkan untuk kamar tidur dan kamar mandi dindingnya dibuat masif dan berfungsi ganda sebagai lemari penyimpan. Untuk menegaskan nuansa organis, Giovanni mengekspos tekstur dan warna material-materia local sesuai dengan crri khas masing-masing. Misalnya, permukaan dinding.

Desain rumah dengan pencahayaan alami memang sangat di butuhkan jika lahan rumah berada di kawasan elit, untuk memaksimalkan cahaya yang masuk ke dalam, biasanya arsitek membuat bilah-bilah, atau jendela, dan biasanya konsep rumah terbuka adalah salah satu pilihan yang tepat untuk di terapkan pada rumah. Selain menghemat energy listrik,juga membuat rumah semakin sejuk.

Desain rumah minimalis dengan dinding batu alam juga bisa di terapkan untuk menjaga kelembapan pada rumah, Dominasi pemakaian batu dan kayu ini memberikan vibrasi visual terhadap ruangan sebab cahaya yang masuk ruangan batu belah Maupun bilah kayu menciptakan bayang-bayang yang bergerak dinamis, masif dilapisi batu kali belah sedangkan langit-langit ditutupi susunan bilah kayu sedangkan lantai dan peralatan sanrter dilapisi teraso agar mudah d bersihkan.

 

Dominasi pemakaian batu dan kayu in memberikan vibrasi visual terhadap ruangan sebab cahaya yang jatuh pada permukaan batu belah maupun bilah kayu menciptakan bayang-bayang yang bergerak dinamis. Beberapa permukaan dinding masif lainnya diberi finishing campuran semen yang licin dan berwarna cerah seperti merah sebagai aksen yang menyegarkan, Untuk menambah keindahan interor, Panos mengomb nasikan berbagai gaya furnitur seperti kursi makan khas Cina dan kursi rotan antik Jawa dengan bantal kursi bermotif batik, Selain lampu yang s mpel modern, Panos juga mengkoleksi benda kerajinan seperti keramik antik Cina, tekstil tradisional dan perhiasan gaya primitif hasil karya istri tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *