Desain Interior Rumah Jaman Dulu Dengan Beberapa Furniture

Konsep renovasi terhadap interior rumah mengacu pada model rumah jaman dulu. bentuk rumah jaman dulu khas tahun tersebut masih bisa dinikmati dalam kemasan yang lebih modern seperti yang terlihat pada seperangkat furnitur yang melengkapi ruang tamu. Bentuk rangka kursi dan meja masih menyisakan kenangan masa lalu yang terlihat anggun. Ada sebuah tempat duduk panjang di sini seperti bentuk bangku bakso yang biasa dipakai oleh penjual bakso. Dulu bangku ini joknya dilapisi rotan. Sekarang sudah diubah dengan menggunakan busa supaya empuk dan nyaman untuk diduduki.

Begitu pula dengan dua buah kursi lengan yang terlihat begitu cantik setelah menggunakan pelapis sola chenyl berwarna merah yang mirip beludru, Rangka lengannya tampak bergaya 60-an dengan ujungnya yang runcing. Meja kopi yang baru disesuaikan bentuknya dengan sofa dan kursi lama. Dekorasi rumah jaman dulu seperti lampu meja, lampu gantung, lukisan dan pernak-pernik lain di ruang ini gayanya disesuaikan dengan perabot yang sudah ada, Husni dan Ade memang sengaja menempatkan dekorasi ruang yang cenderung modern baik dalam bentuk maupun coraknya sehingga terlihat indah.

Perangkat furnitur untuk ruang duduk tengah dan ruang makan juga disesuaikan bentuknya menjadi lebih modern dengan ciri garis rancangan yang bersih detall dan tidak berprofil tetapi masih menampakkan ciri 60-annya. Pelapis kursi-kursi luga diganti dengan materi chenyl seperti halnya kursi ruang tamu, Bentuk meja, cermin, credenza, lampu dan penghias di ruang ini pun memilrki karakter yang sama sehingga gayanya terlihat kompak dan lebih trendi dalam bentuk dan warnanya. Irtk finishing untuk beberapa perabot dikombinasikan, ada yang menonjolkan urat kayunya dengan cat pelapis warna muda, ada pula yang dilapisi dengan cat warna lebih gelap, Jadi kesan masa kini dan masa lalu tetap terlihat dan tampak harmonis, Pada bagian struktural hanya ketnggan plafon yang diubah.

Rumah lama berplafon terlalu landai yang merupakan ciri rumah zaman dulu. Kini oleh arsiteknya materi plafon diganti dengan gypsum dan kemudian ditinggikan sekitar l5 cm, Dengan demikian aliran udara menjadi lebih lancar dan ruang tidak terasa pengap, Beberapa tata letak ruang pun terladi perubahan dan ada pergantan fungsi seperti teras depan dan samping. Ada pula ruang serba guna dibelakang bangunan yang dulunya ada ah garasi, Ruang serba guna sangat bermanfaat untuk bermacam-macam aktvitas yang tdak rutin.

Kamar-kamar juga mengaam sedtkit perubahan, Kamar tidur utama ditambah dengan kamar mand pr badl di dalamnya yang luga bisa digunakan untuk kamar tdur di sebelahnya (connecting room). Di samping itu, kusen pada pintu depan, pintu samping dan pintu belakang diganti dengan pintu lipat supaya lebih praktis dan tidak memakan ruang,

Konsep renovasi terhadap interior rumah mengacu pada rumah tahun 60 an, bentuk furniture tahun tersebut masih bisa dinikmati dalam kemasan yang lebih modern seperti yang terlihat pada seperangkat furniture yang melengkapi ruang tamu.

renovasi rumah 2 lantai dan 1 lantai tidak ada perbedaan yang sulit untuk merubahnya, untuk 2 lantai bisa di rubah model tangga atau balkon dalam rumah menjadi lebih minimalis dan modern. Materi yang paling domlnan menampllkan suasana tahun 60-an adalah ubin PC merah bercorak. Ubin ini mas h dalam kondis baik sehingga masih bisa digunakan kembali dan dipasang pada seluruh ruang-ruang utama, N,4ateri batu alam cacah juga digunakan untuk memberkan kesegaran alami d dalam ruang, Batu-batu tersebut disusun pada sebagian dinding pada ruang tamu dan ruang duduk tengah sebaga titik perhatian ruang.

Dengan demikian ruang tidak tampak “dingin” dan kaku, Demikranlah has I kela arsitek yang menampilkan rumah baru tetapi tidak menghilangkan cir-crri rumah lama, renovasi rumah minimalis dengan biaya murah ini berhasil di terapkan oleh arsitek pada rumah tahun 60 an , Pada bagian struktural hanya ketinggian plafon yang diubah. Rumah lama berplafon terlalu landai yang merupakan ciri rumah zaman dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *