Desain Interior Ruang Tamu, Ruang Keluarga Dan Dapur Bergaya Klasik Modern

Setiap ruangannya dirancang dengan ukuran besar sedangkan khusus pada ruangan yang bersifat umum, selalu terpajang sebuah kaca agar ruang-ruang tersebut terlihat lebih luas. Sirkulasi udara dan penerangan alami di rumah ini dirancang seoptimal mungkin dengan ukuran jendela yang besar-besar di seluruh dinding rumah. Setiap ruang selalu diberi penerangan dengan lampu bergaya klasik yang didatangkan langsung dari ltalia.

Untuk menambah kenyamanan dan kepercayaan diri, rumah tersebut juga didesain dengan pertimbangan hongsui, diantaranya penempatan pintu , jendela dan ukuran lubang pintu dan jendela. Hasilnya, hubungan antar ruang terasa mengalir, pandangan bebas dan terbuka, seolah-olah tidak ada yang dirahasiakan.

Pertama kali memasuki rumah ini kita akan bertemu dengan beranda yang diisi dengan 2 kursi panjang bergaya etnik dengan lantai keramik berwarna campuran antara hitam dan cokelat. Lebih ke dalam kita akan bertemu dengan ruang foyer berukuran 6 x 6  yang didominasi oleh warna krem pada dinding dan langit-langitnya.

desain ruang tamu klasik diaplikasikan dengan warna tersebut sangatlah cocok untuk latar beiakang koleksi lukisan tuan rumah seperti lukisan Srihadi Sudarsono berupa dua penan Bali dengan nuansa merah. Seperangkat furnitur berupa kursi etnik, rangkaian bunga yang ditempatkan di atas meja marmer hitam dan bufet yang berisikan pernak-pernik koleksi dari tuan rumah berupa piring kuno serta patung-paturg kecil juga mempermanis ruangan tersebut, sehingga kesan romantis juga tercipta di ruang ini.

Memasuki ruang dalam kita akan bertemu dengan ruang yang luas tanpa dinding penyekat namun mengakomodasi beberapa kegiatan yang berbeda yaitu ruang musik, ruang tamu, ruang keluarga, ruang santai dan ruang makan.

Untuk membedakan fungsi ruang, pilihan dan penataan furnitur untuk setiap aktivitas dibuat berbeda namun tetap harmonis. Pertama kita masuk ke ruang dalam akan bertemu dengan ruang musik yang tepat berada di bawah tangga besi menuju ke lantai atas. Ruang ini sengaja diisi hanya dengan sebuah piano namun dindingnya dipenuhi koleksi foto-foto keluarga, lukisan dan ambalan berisi guci-guci kuno sehingga memberi kesan menyerupai galeri.

Setelah itu kita memasuki ruang tamu yang sekaligus berfungsi sebagai ruang keluarga. Ruangan ini juga dihias dengan koleksi benda seni berupa deretan lukisan dan lemari kaca berukuran besar berisikan keramik, guci dan piring tua dari Cina. Adapun furniturnya dipilih yang bergaya klasik dengan meja etnik.

Desain ruang keluarga modern klasik ini memperlancar komunikasi antara penghuni di lantai atas dan di lantai bawah sehingga ruangan ini menjadi pusat orentasi dan kegiatan sehari-hari penghuni rumah. Setelah itu kita menuju ke ruang santai yang kental dengan nuansa etniknya seperti terlihat dari perabotan meja kaca dan bufet dari Madura serta meja yang terbuat dari bekas gamelan Jawa.

desain dapur gaya klasik dan semiklasik dengan sebuah meja panjang dan 10 buah kursi, Selain itu ada pula kaca dengan bingkai bergaya etnik Jawa yang umurnya sudah ratusan tahun. Berhadapan dengan ruang santai ini terdapat pantry yang biasanya digunakan untuk sarapan pagi..

Lantai ruang makan ini sengaja didesain lebih tinggi 10 cm dibandingkan dengan ruang lainnya agar terlihat berbeda dengan ruang yang lain. Dinding-dinding ruang makan terdapat jendela kaca yang besar-besar sehingga penghuni dapat menikmati pemandangan ke arah luar yaitu ke area kolam renang.

Di area ruang makan juga terdapat lemari kaca besar berisikan guci-guci dan piring-piring kuno. Pada area sekitar  kolam renang, beranda belakangnya didominasi oleh material kayu dan dirancang bergaya etnik sehingga memberi kesan hangat dan akrab serta menyatu dengan suasana alam di luar rumah.

Begitulah cara pasangan suami istri tersebut mengkreasikan karyanya pada sebuah hunian, sehingga karakter sipemilik sangat kental dengan menghadirkan suasana klasik dan romantis pada setiap elemnnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *