Desain atap carport Dak Beton Kuat Bagai Hercules

Sejak zaman medieval, kepopuleran carport dak beton tak lekang oleh waktu. Buktinya, sampai saat ini desain carport dak beton masih banyak dipilih sebagai salah satu rangka penutup atap. setiap orang ingin mendapatkan perlindungan. Makanya rumah tinggaI diciptakan untuk melindungi manusia dari cuaca buruk, binatang, dan segala bahaya lainnya. Nyatanya, bukan manusia saja yang periu mendapat perlindungan. Kendaraan kesayangan juga pertu dilindungi dari cuaca buruk.

Semakin kokoh pelindungnya, perasaan aman akan semakin didapat oleh sang pemilik. Sekuat Hercules, atap dak beton yang berdiri kokoh dengan kakinya yang besar mampu memberikan perlindungan yang maksimaI pada daerah carport. Makanya hingga kini, meski gaya minimalis yang simpeI kian populer, masih banyak pula yang menggunakan dak beton sebagai konstruksi rangka atap pada carport.

Dak Multifungsi

atap carport dak betonVariasi dak beton semakin banyak. Orang-orang mulai mengombinasikannya dengan berbagai materiaI lain sehingga tidak kalah bergaya dengan jenis rangka atap lainnya. jenis ini pun bisa multifungsi, misalnya sekaligus menjadi teras rumah di lantai atas atau taman.

Saluran Air

Hal paling penting dalam pembuatan dak beton adalah kemiringan lantai atap dak dan saluran air agar air tidak menggenang dan merusak konstruksi. Pilihannya adalah membuat drain hole pada sudut atap dak, membuat talang air, atau justru mengalirkan air Langsung ke arah taman. Dak beton juga harus diLapisi waterproofing agar air tldak meresap ke dalam beton dan menyebabkan tampias ke arah mobil.

Struktur Kolam

kekuatan utama pada dak beton terletak pada kolom penopangnya jika dak beton tidak digunakan untuk kegiatan Iain, kolom dapat dibuat agak kecil dan cukup menampung beban atap dak saja. Namun jika dak digunakan untuk berbagai kegiatan seperti tempat bersantai keluarga atau taman, kolom harus mampu menopang beban dak, tubuh manusia, dan berbagai benda seperti pot bunga, kursi, meja, dan lainnya.

Menurut Lukastie Hartono, seorang ahli sipil yang bergerak daLam bidang jasa kontraktor, ukuran baLok (bagian melintang pada atap dak) adaLah 1/10 sampai 1/12 dari lebar carport. Sedangkan ukuran kolom menyesuaikan dengan besar balok. Balok dengan ketinggian 40 cm-50 cm dan Lebar 2O cm’25 cm, dapat ditunjang oleh koIom 20 cm x 20 cm atau 25 cm x 25 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *