Contoh Konsep Dekorasi Resepsi Pernikahan Yang Minimalis

Beberapa rangkaian bunga untuk dekorasi resepsi pernikahan dengan bentuk dasar bulat dengan detail dikerjakan dengan teliti. Dua jenis bunga yaitu bunga mawar merah dan pink simbol dari cinta kasih dan bunga leli putih melambangkan kesucian, ditonjolkan pada rangkaian bunga inti yang ditempatkan di belakang pelaminan, di meja makan pengantin dan di meja buku tamu.

Yang pertama pesta pernikahan Sugianto SE (Anto) dan lka Julita Sari, SE (lka), berlangsung di Magnolia Ballroom Hotel Gran Mahakam Jakarta Selatan, pada bulan Januari 2003 yang lalu. Biasa-nya sebuah hotel berbintang lima menyediakan semua fasilitas untuk kebutuhan pesta resepsi pernikahan.

Namun untuk pesta dekorasi resepsi pernikahan minimalis milik Anto dan lka semua dekorasi ruang termasuk furnitur dan kursi pelaminan dan rangkaian bunga dikerjakan oleh teman sekantor Anto, Sonny V, seorang desainer interior dari Daagne Furniture. Kelap-kelipnya lampu hias merupakan aksen dari penataan ini. Lampu-lampu kecil ditempatkan di antara rangkaian bunga dan dekorasi lain.

Keluar dari lift mata kita langsung melihat sebuah meja tinggi gaya minimalis dengan dekorasi respesi  pernikahan dengan sebuah rangkaian bunga yang indah. Di sampingnya terdapat buku tamu, dan sebuah celengan kotak kayu untuk tempat kado.

Di antaranya terpampang beberapa foto kegiatan sejoli yang berbahagia. Di sepanjang koridor menuju ruang resepsi pengantin, sepasang ice carving yang biasanya merupakan inisial si pengantin, di sini berbentuk unik yaitu berupa dua wadah ice carving yang di dalamnya diisi rangkaian bunga mawar.

Setelah itu di sepanjang koridor menuju ball room berjajar rangkaian topiari setinggi dua meter, diseling dengan kelap-kelip lampu hias konsep dekorasi resepsi pernikahan yang di usung oleh pasangan ini adalah romantis  minimalis , sehingga dekorasi nya pun terlihat dramatis di setiap sudutnya.

Area pelaminan didesain seperti dalam ruang keluarga. Kursi pengantin berupa sofa dua dudukan dengan warna krem, sedangkan kursi untuk para orang tua berupa dua pasang sofa satu dudukan bernada cokelat susu tua. Di antara sofa-sofa ini ditempatkan rangkaian bunga dengan gaya modern minimalis pula. Ruang pengantin ditata simpel, namun tampak anggun.

Contoh dekorasi resepsi pernikahan yang sangat terlihat adalah kursi antik Jawa untuk pengantin dikombinasikan dengan sepasang kursi tanpa lengan yang lebih simpel.Sepasang gunungan yang merupakan simbol tahap kehidupan dalam falsafah Jawa turut menghias area pelaminan sehingga menghadirkan suasana yang anggun dan khidmat. Selain itu, koleksi lampu antik kain-kain batik, rangkaian bunga melati dan sedap malam serta meja kayu yang dihias ukiran bermotif tradisional semakin menegaskan dekorasi bergaya etnik ini.

Seluruh dekorasi respsi pernikahan karya Hj. Komala Ary S. Susilo, termasuk hiasan lanskap berupa kolam air, susunan bunga dan tanaman hijau, menciptakan suasana pesta yang semarak. Warna-warna alami juga tercipta dari padu padan material yang dipilih, misalnya pemakaian batu palimanan dengan panggung kayu pada pelaminan.

Seluruh acara dan konsep dekorasi resepsi pernikahan ini dilaksanakan di teras dan area pinggir kolam renang sehingga memberi suasana yang berbeda dengan penyelenggaraan pesta pernikahan biasa. Pemilihan lokasi dapat memberikan pandangan yang lepas dan masuknya udara segar, apalagi didukung tata cahaya eksterior yang romantis sehingga menimbulkan kesan yang mendalam bagi para tamu. Agaknya penataan dekorasi resepsi pernikahan seperti ini dapat menjadi alternatif dalam merancang suatu pesta pernikahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *