Contoh Desain Taman Sudut Rumah Minimalis Mengagumkan

Taman sudut rumah minimalis – Sebuah rumah yang berada di sudut jalan pada sebuah kompleks permukiman yang masih hijau di jakarta selatan,memiliki keunikan bidang entrance nya tidak menghadap ke salah satu sisi jalan melaimkan menghadap ke satu titik di sudut jalan. Dengan demikian taman sudut rumah minimalis yang berbentuk L memgikuti arsitektur hangunan rumah tropis dengan sentuhan meditirania yaitu dengan menempatkan eye chatchernya tepat pada bidang kosong di bagian sudut, dari abah luar kavling pandangan terhalang oieh tembok yang tinggi dan kokoh, karena permukaan tanah asli jauh lebih tinggi dari jalan raya.

Meskipun demikian pagar tembok ini terasa hijau dan teduh karena badanjalan “diperlunak” oleh taman sudut rumah minimalis dengan palem raja yang cukup tinggi. Dengan kondisi fisik tersebut di atas, l. oetomo Aryobimo pemilik dan sekaligus perancang taman memiliki banyak keuntungan, antara lain padangan ke ruang luar lebih bebas tanpa.terhalang oleh fisik bangunan di sekelilingnya. Bila kita berada di teras melihat ke arah taman, maka yang tampak adalah langit dan tanaman peneduh di tepi jalan. Sehingga taman minimalis di sudut rumah yang di pilih oleh sang pemilik.

Konsep Semiformal yang Romantis Tepat di muka pintu masuk (entrance) ditempatkan sebuah kolam pancuran bertingkat sebagai eye catcher. Bidang kolam dipilih berbentuk lingkaran dengan diameter yang cukup lebar (3,5 meter), sehingga dapat mengisi bidang sudut yang kosong. Dengan kolam yang berbentuk slmetris tersebut, keindahannya dapat dilihat dari berbagai arah. Kolam sebagai perangkat hard material menjadi point of interest pada taman depan melalui bentuk visual dan efek suara yang ditimbulkan sehingga memberi suasana teduh dan nyaman di sekelilingnya” Tampilan kolam secara keseluruhan terasa formal yang diserasikan dengan sentuhan l\4editerania pada tampak luar bangunan rumah.

desain taman sudut rumah minimalis ini juga cocok di padukan dengan Elemen soft material  yang ditata dalam komposisi semiformal, dengan menempatkan tanaman tanaman tropis secara alami tetapi pada komposisi yang lebih formal. Dengan demikian secara sepintas taman minimalis sudut depan rumah akan terlihat bersih dan teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *