Ciri Desain Rumah Tropis 2 Lantai Yang Ideal

Setiap karya arsitektur dan desain pada hakikatnya merupakan suatu ekspresi untuk memberikan kepuasaan dan kenyamanan lewat keindahan.Pendekatan inilah yang dilakukan oleh arsitek Tan Bun Kheng dalam merancang sebuah hunian yang berlokasi di kompleks perumahan mewah di kawasan Jakarta Barat .

Untuk menciptakan kesan ringan dan masuk dalam ciri rumah tropis modern , massa bangunan dengan total luas 800 m2 ini didominasi oleh bukaan berupa deretan jendela , balkon , dan beranda yang lebar, alami, tetapi juga menekankan pada aspek ramah lingkungan yang menjadi karakter khas rancangannya.

Pemikiran ini juga sejalan dengan keinginan pemilik rumah untuk memiliki kediaman bergaya rumah tropis modern. Pertama, massa bangunan dengan posisi lahan yang terletak di huk ini dirancang mengacu pada prinsip proporsional. Basement dan tangga depan menjad bagian kakinya lantai dasar dan lanta atas menjadi bagian badannya sedangkan susunan atap menjadi bagian kepala bangunan.Untuk menciptakan kesan ringan, massa bangunan dengan total luas 800 m2 ini didominasi oleh bukaan berupa deretan jendela balkon dan beranda yang lebar.

Selain memaksimalkan masuknya cahaya alami dan sirkulasi udara segar ke dalam rumah, bukaan juga dirancang menjadi elemen dekoratif yang artistic. Setiap bukaan dirancang berbentuk kotak geometris, dinaungi oleh teritis dan disusun berulang membentuk ritme harmonis sehingga tercipta rumah tropis modern yang ideal.

Untuk menghindari kesan monoton, bagian tertentu dari dinding bangunan rumah tropis modern tersebut sengaja dibuat lebih maju seperti pada blok bangunan yang menghadap huk. Dinding pada lantai dasar bangunan juga lebih maju sedangkan dinding teras dan balkon samping lebih mundur sehingga menyerupai gua.

Terdapat permainan bidang void dan solid yang dinamis disamping juga diterapkan atap bagian tengah fasada yang dibuat lebih tinggi menyerupai menara sehingga menjadi elemen eye catcher. Pergola pada tangga depan dan pintu masuk utama juga dirancang sebagai aksen bangunan yaitu terbuat dari kerangka baja berbentuk segitiga dan dinaungi oleh kaca lapis sehingga dapat langsung “menangkap” perhatian orang saat memasuki halaman.

Komposisi massa desain rumah tropis modern 2 lantai  ini juga dipertegas dengan deta dekoratif seperti profil garis dan pagar balkon yang simpel serta pemakaian materia alam sepert batu alam di samping pemakaian cat warna tanah.Untuk ruang dalam hunian, arsitek merancang layout yang terbuka sesuai prinsip rumah tropis modern dengan lingkungan yang rama. Seluruh dinding dipasang  jendela yang memberi kesan lapang dan menyatukan ruang dalam dengan ingkungan di luar rumah.

Ruang keluarga sebagai pusat kegiatan hunian dolah berupa void dua lantai yang berorientasi ke arah taman di halaman belakang. Permainan volume dan bentuk ruang di area ini amat terasa karena lubang void pada lantai atas ruang keluarga sengaja dibuat berbentuk oval. Kepiawaian arsitek dalam merancang peralihan antar ruang juga menjadi poin tersendiri dalam desain rumah tropis modern pada hunian ini, Contohnya, ruang keluarga dipisahkan dengan ruang tamu melalui dinding panel kayu dan meja TV serta penerapan split level yang dinamis sehingga ruang-ruang terasa “mengalir” dan terhindar dari kesan masif / berat. Selanjutnya, posisi ruang makan sengaja dibuat miring atau “keluar” dari pola grid pada denah rumah dan dinding dalamnya dicat dengan warna berbeda.

Sebagai konsekuensinya, tercipta ruang tangga berbentuk segitiga pada sudut rumah dan didesain berupa void tiga lantai. Atapnya dibuat transparan berupa skylight sehingga area tangga menjadi sumber cahaya untuk rumah. Konsep arsitektur ini tentu didukung oleh pengerjaan kontraktor yang akurat dan rapi agar dapat menonjolkan keindahan bentuk elemen ruang yang simpel. Pencahayaan tdak langsung juga mendukung terciptanya suasana ruang yang nyaman sehingga berhasil mengakomodasi gaya hidup dan kebutuhan penghuninya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *