Ciri – Ciri Keramik Lantai Rumah Minimalis Modern

Cuaca di negara tropis dengan curah hujan yang tinggi dan sinar matahari yang melimpah sepanjang tahun menimbulkan pengaruh yang besar terhadap material finishing bangunan. Selain itu masih terdapat berbagai macam kelebihan keramik lainnya seperti daya tahannya yang lama. mempunyai daya beban yang tinggi, sifatnya yang tidak mengantar panas serta beratnya yang relatif ringan.

Keramik dibuat secara masal melalui proses pabrikasi sehingga kualitas dan kuantitasnya mudah di kontrol. ciri ciri keramik tradisional selalu disesuaikan dengan tren global yang senantiasa terjadi dalam dunia desain dan terus berubah dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun. Seperti yang terjadi pada awal tahun 2000. tren keramik mengikuti tren global yang mengarah kepada desain milenium pada motif dan warna Setelah itu tren berubah menjadi mengacu pada masa lalu (vintage) dan sekarang mengarah kepada tren desain global yang berorientasi pada desain tekstil Motif dan pola Asian Looks Textile yang antara lain mengadopsi motif bunga (floral) kini sedang mengemuka dan menjadi acuan beberapa produsen keramik Namun. tren desain natural untuk keramik sampai saat ini masih tetap bertahan di antaranya desain keramik yang mengadopsi pola batu alam, kayu dan metal.

Pada dasarnya base lite yang digunakan untuk dinding dan lantai terbuat dari kawanan yang sama. Keduanya dibedakan melalui proses pembuatannya. Dalam dunia keramik dikenal istilah firing yaitu proses pembakaran tanah liat (Clay) yang disebut biskuit sebagai bahan dasar utama sampai ke tahap finishing. Proses sring inilah yang membedakan apakah keramik lebih baik digunakan sebagai penutup lantai atau sebagai pelapis dinding. Proses pembakaran pembuatan keramik lantai hanya dilakukan satu: kali dengan suhu tinggi sampai kurang lebih 1100′ C.

Pada proses ini biskuit akan mengalami penyusutan yang sangat besar sehingga menjadi material yang sangat padat. Dengan padatnya bahan dasar tersebut maka pori-pori dalam keramik akan ditekan sekecil mungkin sehingga menjadi keramik yang lebih kuat. Pada proses double firing bahan dasar tanah liat mengalami dua kali proses pembakaran dengan temperatur yang lebih rendah Proses Ini mengakibatkan penyusutan biskuit tidak terlalu besar sehingga materi tidak sepadat materi yang mengalami single firing Keramik yang dihasilkan dengan cara ini memiliki serapan air yang banyak karena lebih banyak pori.

Keramik yang diproses melalui double firing ini lebih ditujukan untuk meng- hasilkan produk yang lebih ringan sehingga cocok digunakan untuk pelapis dinding. Berdasarkan proses pembuatannya keramik ring’ berdasarkan kriteria ukuran. kualitas dan tonality. Keramik berdasarkan ukuran dibedakan menjadi tiga ukuran yaitu:S(Small) M(medium) dan L (large) yang ukuran satu sama lainnya hanya berbeda 1 – 2 mm saja Selanjutnya, untuk kualitas keramik dibedakan lagi menjadi grade 1 (yang terbaik). grade 2 (sedikit cacat. di bawah kualitas grade 1). dan grade 3 (cacat dengan kualitas di bawah grade 2).

Dalam tonality keramik dibedakan berdasarkan warnanya Pemakaian pigmen pesta yang menjadi pewarna keramik menentukan kualitas warna keramik yang pengontrolan- nya dilakukan secara visual. Pastikan bahwa produsen memberi ciri ciri keramik corak tradisional konsumen yang mampu memberikan informasi sebanyak-banyaknya tentang produk keramik. Tidak lupa untuk meyakinkan adanya puritan apabila barang yang tadi terdapat cacat atau rusak Seperti yang dilakukan oleh KIA Keramik salah satu produsen keramik sangat menjaga kualitas produknya dengan memberi infomasi kepada konsumen secara mendetail mengenai spesifikasi produknya dalam kardus kemasan.

Sebagai pioneer dalam produksi keramik, KIA mulai mengembangkan usaha sekitar tahun 1980an yang pertama kali mengembangkan teknologi Italia dan diproduksi di pabriknya yang luas di Karawang. Secara teknis. KIA sangat menjaga ukuran (sizing), presisi serta daya kekuatan dari setiap keping keramik yang dihasilkan. Standar kwalitas meningkat setelah pada bulan Oktober tahun ‘2006 dengan mempertimbangkan watermark sebagai salah satu standar kualitas produk keramik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *