Bangunan Hotel Modern di Bali Yang Berkesan Alami

Hotel baru yang diberi nama the bale, menempati area ini. Bangunan the bale mempunyai karakter modern yang kuat, jarang dijumpai pada hotel lain di Bali. Letak bangunan di hadapan hamparan tanah yang saat itu masih kosong, mempunyai vista lautan Hindia dan lapangan golf. Didukung lingkungan yang tenang, The Bale dirancang sebagai boutique resortyang memiliki garis desain kontemporer. Bangunan privat ini adalah hasil rancangan Antony Llu yang bekerja sama dengan Karl W. Princic untuk olahan lansekapnya.

Begitu kami tiba di depan pintu masuk utama hotel, dua buah kolam berbatu yang saling bersisian menyuguhkan keteduhan di antara deretan kolom selasar menuju meja resepsionis. Tidak tampak sentuhan formal di sini, meskipun desain perabot yang tersedia sangat praktis dan efisien.

Antony berupaya untuk menghadirkan alam setempat ke dalam lingkungan hotel dengan cara membuat berbagai bidang panjang tanpa meninggalkan kesan privat. Komposisi bidang panjang disusun menjadi dinding dan atap pada bangunan lobi dan ruang resepsionis yang berfungsi publik. Komposisi ini dibuat sedemikian rupa sehingga hadir berbagai celah seakan-akan membingkai pemandangan indah di sekelilingnya. Begitu pula kisi-kisi kayu dengan pola horisontal yang hadir mengimbangi dominasi materi batu yang dapat menyatukan alam dengan bangunan hotel.

Antara ruang resepsionis sebagai ruang publik dan paviliun vila sebagai area privat, dibuat kolam berbatu yang lebih besar dan parit kecil dengan pola linier sebagai area transisi. Hadirnya elemen air pada kolam dan parit memperlunak kesan keras yang ditimbulkan susunan dinding batu dan lantai. Selain itu, parit kecil tersebut juga mempunyai peran sebagai pengantar jalan para tamu menuju vila-vila

Kondisi tanah asli yang berkontur merupakan konsekuensi hadirnya banyak undakan. Agar tamu tidak lelah naik turun, Antony menciptakan beberapa perhentian untuk menjaga kon disi tubuh jangan lelah. Salah satu perhentian dilengkapi dudukan beton yang panjang untuk duduk,duduk sambil menikmati seluknya kolam. Bagj penyandang cacat, disediakan pula jalur sirkulasi berupa ramp yang sekaligus bisa mengakomodasi lalu lintas karyawan hotel

Terdapat dua puluh paviliun vila yang disediakan hotel ini untuk para honeymooners yang ingin merasakan pelayanan istimewa oleh para buttler yang telah siap sedia. Setiap vila berukuran bervariasi yang dilengkapi kolam renang pribadi ditambah bale dari beton. Vila tunggal mempunyai luas sekitar 65 m2 dan vila ganda sekitar 75 m2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *