Bahan atap penutup carport – Garis Beradu material Berpadu

Perlu perencanaan yang cermat dalam memadupadankan aneka material dalam menyusun bahan untuk carport agar tampilan yang dihasilkan benar-benar sempurna. Tak dapat dipungkiri banyak sekali bahan penutup carport yang tersusun dari beragam materiaI yang tersedia. Rangka baja, kayu, hingga kaca ataupun polikarbonat dipilih untuk menjadi carport idaman di rumah. Tapi, biar begitu tak semua carport berakhir dengan tampilan yang sempurna karena prosesnya tak tepat. Salah satu cara untuk membuat beragam material dapat berpadu dengan baik pada carport adalah dengan membuat desain berupa garis-garis sejajar maupun juga tegak lurus. Desain garis-garis yang rapi semakin dipertegas dengan penggunaan material pada masing- maslng garis yang dikombinasikan dengan sambungan yang sesuai.

Tegas dengan Rangka Baja

Sebagai bagian yang paling utama dalam menyusun carport, rangka perlu dibuat dengan material yang paling kuat agar dapat menampung semua beban yang terjadi. Untuk pilihan utama, tak ada yang dapat mengalahkan rangka logam yang terbuat dari baja. Kekuatan baja yang cukup besar dapat menahan akumulasi beban yang dapat ditimbulkan oleh material lain pada carport tersebut. Penggunaan baja sebagai rangka, tentunya tak dapat terlepas dari profil yang digunakan. Dari beragam profiI yang tersedia di pasaran, profil 1 pada baja dapat digunakan sebagai pilihan utama. Dengan penampang yang seimbang simetris, baja dapat memiliki kekuatan yang seimbang sehingga lebih tahan terhadap kemungkinan guncangan yang dapat terjadi pada carport sehingga takkan mudah rubuh. Bentuk bala profit I yang simetris juga membuatnya dapat diekspos tanpa harus ditutupi oleh tembok. Warna yang dapat dipilih untuk baja antara lain putih, yang sekaligus dapat memberi kesan cerah pada carport.

Lebar Optimal, Daya Tampung Maksimal

Agar berfungsi dengan benar, ukuran carport di rumah baiknya disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan yang dimiliki atau akan disimpan di carport tersebut. Jika menggunakan rangka logam baja yang cukup kuat, ukuran carport dapat dibuat hingga lebar mencapai 5,7 meter. Dengan ukuran tersebut, dua kendaraan dapat terlindungi dengan nyaman di bawah carport

Perhalus dengan Kayu

Ketegasan yang dipancarkan oleh rangka baja dapat diperhalus dengan penambahan kayu sebagai unsur dari carport. Ia ditempatkan pada rangka dengan ukuran yang mengikuti lebar dari carport, dan disusun secara paralel dari arah depan ke belakang. Selain menghaluskan, penggunaan kayu dapat memberi kesan alami dan padupadan yang menarik pada carport.

Jangan Lupa Talang Air

Penggunaan carport secara intensif dapat melindungi kendaraan dari terpaan perubahan cuaca secara langsung. Tak hanya kendaraan, tapi juga kegiatan lain pun dapat dilakukan dengan nyaman di bawah carport. Sengatan sinar matahari ataupun siraman air hujan dapat dikesampingkan oleh penggunaan bahan atap carport yang disangga dengan kuat oleh rangka. Nah, seringkali ketika hujan melanda, air yang menerpa atap perlu perhatian khusus. Jika sampai salah memilih material atap, ataupun salah membuat rangka, bisa jadi air dapat bocor ke bawah carport, ataupun tertampung di tengah- tengah atap. Sebagai jalan keluar, saluran talang air dapat dipasang di sepanjang sisi carport dan mengarah ke arah depan sehingga air dapat tersalurkan dengan lancar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *