Atap carport Genteng Bisa Etnik Bisa Modern

lndonesia kaya akan budaya etnik, makanya masih banyak rumah yang menggunakan penutup atap carport genteng pada era minimalis seperti sekarang. meski bentuk penutup atap carport di pasaran kian modern dan minimalis, namun masih dapat kita temukan penutup atap genting pada beberapa rumah. Banyak orang mengira penutup atap modeL ini hanya cocok untuk diterapkan pada rumah bermodeI etnik tradisional, misalnya rumah bergaya lawa dengan banyak ukiran. Namun sekarang sudah banyak jenis atap genting yang cocok untuk rumah bertipe minimalis.

Genting Tanah Liat

Bahan tanah liat mampu menyerap panas hingga 90%, sehingga rumah akan terasa sejuk. Namun jika pembakarannya tidak sempurna, genting akan mudah retak karena panas atau karena injakan saat renovasi. Jika ukurannya tidak presisi, Iubang yang ditimbulkan juga dapat menyebabkan kebocoran. Kini, genting dibuat dengan cara lebih modern, yaitu dengan sistem oven. Ukurannya menjadi lebih presisi, seragam, dan memiliki Iebih banyak variasi warna. Genting seperti ini dikenal juga dengan nama genting keramik.

atap carport genteng Metal

Genteng metaI umumnya terbuat dari campuran aluminium dan seng. Ada juga yang dicampur dengan pasir dan dipercaya lebih tahan lama. Bobotnya ringan, sehingga dapat menghemat struktur konstruksi. Namun, bahannya yang terbuat dari baja dapat menimbulkan suhu panas. Harganya juga relatif lebih mahal daripada genting tanah liat.

Genting Beton

Genting beton umumnya dibuat di pabrik besar, sehingga ukurannya presisi. Harganya juga relatif murah. Namun bahan dasamya yang terbuat dari pasir, semen, dan bahan pengikat, membuat beton rawan rapuh jika kualitas kandungan dasamya tidak baik.

Genting Aspal

Sifatnya ringan karena bahan dasarnya dari bitumen dan bahan organik seperti serat dan resin. Bahan bitumen atau aspal juga membuat genting bersifat waterproof sehingga akan tahan terhadap kebocoran. Di pasaran, ada 2 model yang tersedia, yaitu model datar dan model bergelombang. Kelemahannya, cuaca yang ekstrim dapat menyebabkan genting pecah, sehingga terjadi kebocoran.

Rangka Atap Genting

Pada umumnya, penutup atap genting memiliki rangka atap pelana, terutama untuk genting kodok yang dulu sempat populer. Struktur atap pelana dibentuk oleh rangka kuda-kuda yang terdiri dari balok-balok yang dihubungkan sehingga membentuk pola segitiga. 0rang banyak memakai dan mengenal bahan balok yang terbuat dari kayu. Meskipun begitu, rangka juga bisa dibuat dari material seperti beton dan baja. Masing-masing memiliki karakteristik dan kelebihannya sendiri. Misalnya, daya bentang rangka baja dapat lebih panjang daripada rangka kayu. Pada rumah-rumah modern, atap genting diaplikasikan pada rangka datar. jenis penutup atap yang cocok untuk rangka datar adalah genting metaI dan beton, yang materialnya cenderung lebih tipis daripada genting tanah liat.

Memasang Atap Genting

Struktur rangka atap pada umumnya terdiri dari kuda-kuda, gording, kaso’, dan reng. Reng untuk tempat menyangkutkan genting, diganti multipleks jika menggunakan penutup atap aspal. Pemasangan keping genting adalah dengan cara tumpang tindih satu sama lain. Genting direkatkan pada reng atau muttipleks dengan cara dipaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *